JAKARTA, Update – PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) akan membeli kembali (buyback) saham perseroan di bursa dengan anggaran sebesar Rp 300 miliar.

Dilansir Investor.Id, aksi korporasi ini akan berlangsung pada 8 September hingga 7 Desember 2022.

Buyback saham dilakukan dengan pertimbangan kondisi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak awal 2020 sampai saat ini mengalami tekanan yang signifikan, serta kondisi perekonomian regional dan global yang mengalami tekanan dan perlambatan, antara lain disebabkan oleh wabah Covid-19.

“Menindaklanjuti hal tersebut, perseroan merencanakan untuk melakukan pembelian kembali saham ERAA yang telah dikeluarkan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp 300 miliar atau sebanyak-banyak 3 miliar saham perusahaan. Sesuai dengan SEOJK No.3/SEOJK.04/2020, jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari modal disetor dan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor perseroan,” kata Corporate Secretary Erajaya Amelia Allen Rabu (7/9/2022).

Amelia mengungkapkan, dana buyback dianggarkan dari kas internal Erajaya. “Berkenaan dengan transaksi tersebut, maka dampak terhadap biaya operasional perseroan tidak akan material, sehingga laba-rugi diperkirakan masih sejalan dengan target perusahaan.

Atas hal-hal tersebut, maka perseroan berkeyakinan bahwa pelaksanaan transaksi pembelian kembali saham tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha perusahaan, mengingat ERAA memiliki modal dan cash flow yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha perseroan,” jelas dia. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.