JAKARTA, EmitenUpdate.com — PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) mempersiapkan pembangunan ribuan edge data center yang akan disebar di sepanjang Pulau Jawa. Ribuan data center ini akan berdiri di sejumlah stasiun kereta api (KA) dan gudang-gudang koperasi unit desa (KUD).

Direktur Pengembangan Bisnis Solusi Sinergi Digital, Martha Rebecca mengatakan, dua lokasi pertama edge data center Surge, yakni stasiun Manggarai dan Stasiun Cikarang akan mulai beroperasional pada bulan Agustus 2021. “Untuk proses pembangunan 1580 data center, kami menargetkan akan berjalan hingga 2022, dimana sampai akhir tahun 2021 kami menargetkan sebanyak 580 titik yang tersebar di area stasiun kereta api dan juga gudang KUD dapat terselesaikan,” ujar Martha Rebecca seperti diberitakan Investor Daily, Kamis (1/7).

Mengutip Investor.id disebutkan bahwa pengembangan edge data center ini semakin melengkapi layanan konektivitas yang dihadirkan sekaligus mendorong perseroan sebagai pengelola tunggal dan eksklusif infrastruktur digital secara end to ende mulai dari data center hingga serat optik.

“Dengan ekosistem digital yang lengkap, Surge terus menjawab kebutuhan dan menciptakan peluang lebih besar bagi pelaku usaha di tengah penetrasi jaringan broadband yang masih rendah,” ujar dia.

Pembangunan edge data center ini melanjutkan kerjasama eksklusig yang telah terjalin sebelumnya antara perseroan melalui anak usahanya yakni PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam pembangunan jaringan fiber optic sepanjang rel kereta. Kemudian juga kerja sama eksklusif perseroan melalui anak usahanya yakni PT Jaringan Logistik Indonesia (JLI) dengan Induk KUD dalam hal digitalisasi gudang-gudang KUD dengan teknologi Warehouse Management System. /***

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.