EmitenUpdate.com  – Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengadakan Webinar Dialog Diaspora Ekspor Indonesia di Wilayah Amerika Serikat (AS), Kamis (27 Mei).

Pada kesempatan itu, beberapa perwakilan diaspora Indonesia memberikan gambaran mengenai pasar di AS bagi produk Indonesia, seperti makanan, furnitur, dan kerajinan.

Kementerian Perdagangan seperti dikutip Bisnis.com mencatat adanya kenaikan ekspor furnitur ke Amerika Serikat selama periode Januari sampai Mei 2020. Kenaikan ini menjadi angin segar di tengah lesunya pasar akibat dari pandemi. Berdasarkan data Global Trade Atlas (2020), ekspor furnitur dari Indonesia ke AS selama Januari-Mei 2020 mencapai US$582,11 juta.

Jumlah ini meningkat 51,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar US$384,82 juta. Di tengah pandemi Covid-19, ekspor produk furnitur periode Januari-Mei 2020 justru meningkat secara signifikan sebesar 51,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini tentunya memberikan angin segar terhadap kinerja ekspor nasional. /Min/Foto: kontraktorjogja.co.id/

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.