EmitenUpdate.com – Bupati Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana, SE, ME berharap pemerintah segera membangun gugus keamanan laut (Guskamla) di daerahnya. Sebagaimana diketahui wacana tersebut sudah cukup matang persiapannya.

“Di sini, (Sangihe) akan dibangun Guskamla,” tutur Bupati Jabes saat audiensi di Kantor Majelis Sinode GPIB, Jakarta Jumat (28/5/2021). Kunjungan Bupati Jabes ini untuk membicarakan persiapan Baksos Yayasan Diakonia GPIB pada Agustus nanti.

Rencananya, Guskamla akan dibangun di Kampung Pananaru Kecamatan Tamako, Sangihe yang akan difasilitasi pemerintah.  Pembebasan lahan sudah dilakukan seluas  9,7 hektar dan akan diperluas menjadi total 24 hektar.

Pembangunan Guskamla di Sangihe akan menjadikan wilayah ini menjadi wilayah segitiga yang strategis, Pemerintahan, Pertahanan dan Ekonomi yang akan membuka peluang Sangihe untuk lebih dikenal karena jalur perdagangan barang dan lintas Indonesia, Philipina.

Baksos GPIB

Bupati Jabes menyatakan rasa bangganya atas kepedulian Yayasan Diakonia (Yadia) GPIB  yang akan melaksanakan bakti sosial di Sangihe Sulawesi Utara pada Agustus 2021 nanti.

Rasa bangga ini dinyatakan dengan kehadiran orang nomor satu di Sangihe ini beserta staf dengan melakukan audiensi ke Kantor Majelis Sinode GPIB.

Kedatangan Bupati Jabes ini diterima Fungsionaris Majelis Sinode Pdt Marthen Leiwakabessy S.Th, Pdt Melkisedek Eka Puimera M.Th, Pnt Sheila Salomo SH, Ketua Panitia Baksos Pdt Jan Jona Lumanauw S.Th, Koordinator Tim Medis dr. Griselda Aer, dan personel Yayasan Diakonia Inno Subagiyo, Marsela Lantang, Adri Manafe, Diana Johannes dan Frans S. Pong.

Baksos Yadia GPIB  ini merupakan baksos yang seharusnya dilakasanakan pada Juli 2020, tertunda karena pandemic Covid-19. Beberapa tempat di Sangihe nanti menjadi target baksos menyertakan cukup banyak dokter dan relawan yang siap melaksankan baksos.

Baksos yang diketuai Pdt Jan Jona Lumanauw S.Th akan mengerjakan cukup banyak kegiatan yang diperkirakan menyita waktu sekitar satu minggu yang -dilaksanakan di beberapa tempat di Sangihe. Kegiatan-kegiatan yang  antara lain dilaksanakan adalah pengobaan gratis, sunatan massal dan beberapa pelatihan pembuatan kripik pisang dan kripik ikan dan pelatihan IT.

Kunjungan Bupati Jabes kali ini dalam rangka penyesuaian rundown Panitia Baksos yang disesuaikan dengan kondisi di Sangihe. Cukup banyak masukan yang disampaikan Bupati dan staf mengenai kondisi Sangihe pada umumnya termasuk menjelaskan kondisi laut pada bulan-bulan tertentu yang ombaknya cukup tinggi.  “Kalau bulan-bulan sekarang ombak tidak seberapa. Tapi pada bulan Agustus ombak tinggi,” tutur Jabes. /Ans/

Foto: Bupati Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana, SE, ME bincang-bincang dengan personel GPIB yang akan melakukan baksos di Sangihe.

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.