London, Update – Saga kepemilikan klub asal Kota London Chelsea Football Club tuntas sudah. Roman Abramovich terusir dari Inggris gegara konflik Rusia – Ukraina dan harus merelakan klub yang ia punyai selama 20 tahun untuk diambil alih pengusaha kaya asal Amerika Todd Boehly.

Roman Abramovich adalah taipan Rusia yang begitu mencintai Chelsea. Ia membeli Chelsea dengan harga 140 juta pound atau setara Rp. 2,6 triliun di 2003. Dalam dua dekade, The Blues terangkat namanya dan menjadi salah satu klub elit dunia dengan meraih 20 trofi. (5 kali juara Premier League, 2 kali Juara Piala Champions, 1 kali juara Piala World Cup Club, 5 kali juara FA Cup, 2 kali Europe Cup, 1 kali jura EUFA Super Cup dan dua kali Community Shield).

Passion dan kecintaan pada klub London Barat itu dilakukan Roman tanpa menghitung rugi yang yang keluarkan. Setelah membeli Chelsea £140 juta, ia lalu menginvestasikan miliaran ke dalam klub dan kemudian tidak mengambil uang dari penjualan dan bahkan menghapus pinjaman £1,6 miliar yang Chelsea miliki darinya. Itu sebabnya banyak penggemar dan lawan menaruh respek padanya meski Pemerintah Inggris mengusirnya. Tak hanya melakukanperombakan besar-besaran pada Chelsea, kedatangan Roman Abramovich juga mengubah wajah sepak bola Inggris. Dilansir dari Goal International, Chelsea menjadi klub Premier League pertama yang dibeli oleh investor asing menyusul akuisisi yang dilakukan Abramovich. Sehingga banyak investor dari luar Inggris membeli klub-klub elit di Negeri Ratu Elizabeth itu.

Todd Boehly, Pecinta Chelsea

Persis tanggal 7 Mei Waktu Indonesia, Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter and Hansjoerg Wyss mengakuisi Chelsea Football Club, demikian pernyataan resmi situs Chelsea dikeluarkan. Todd membeli dengan harga GBP 2,5 miliar atau setara Rp 44,7 triliun. Uang pembelian itu tercatat di rekening di Bank Inggris.

Todd bukan orang sembarangan, ia pernah pula menawar ke Roman agar melepas kepemilikannya di tahun 2019, tapi ditolak Roman. Dari tawaran itulah, perhatiannya tak pernah lepas pada The Blues. Bahkan untuk investasi perbaikan, ia juga bakal memberikan dana senilai GBP 1,75 miliar atau sekitar Rp 31,3 triliun untuk kepentingan Chelsea, di antaranya untuk investasi di Stamford Bridge, akademi, dan melanjutkan pendanaan Chelsea Foundation. Banyak anggapan, Chelsea di bawah Todd Boehly akan menjadi pemilik yang jauh lebih sustainable daripada Roman Abramovich, meskipun banyak trofi yang dimenangkan di bawah Roman. Pemilik baru akan memodernisasi klub dan mengglobalkan merek dan membenahi model perekrutan klub.

Terima kasih Roman, Selamat datang Todd. /phil

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.