JAKARTA, Update – PT Semacom Integrated Tbk (SEMA) menggelar penawaran umum (initial public offering/IPO) pada 4-6 Januari 2022.  Adapun perusahaan menawarkan sebanyak 347 juta saham baru dengan harga Rp 180 setiap saham.

Laman Investor.Id Selasa (04/01/22) menyebutkan, Semacom Integrated mengincar perolehan dana IPO Rp 62,4 miliar. Selain itu, persentase penawaran umum adalah sebanyak 25,76% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah penawaran umum perdana saham.

Seluruh dana yang diperoleh dari IPO akan digunakan untuk modal kerja SEMA, antara lain untuk pembelian persediaan, biaya research and development, serta biaya pemasaran dan promosi.

Dalam rangka IPO ini, perseroan telah menunjuk penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek PT NH Korindo Sekuritas Indonesia.

Lanjut disampaikan, Semacom Integrated juga secara bersamaan menerbitkan waran seri I yang menyertai saham baru perseroan. Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatatnya dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

Rasio saham dengan waran seri I adalah 2:1 di mana setiap pemegang dua saham baru akan memperoleh satu waran seri I. Adapun jumlah waran yang diterbitkan sebanyak 173,5 juta waran dengan harga exercise Rp 230. Total hasil exercise waran seri I sebanyak-banyaknya Rp 39,9 miliar.

Persentase waran seri I terhadap keseluruhan jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh perseroan pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum perdana saham ini disampaikan adalah sebanyak 17,35%. Apabila waran seri I yang diperoleh pemegang saham telah dilaksanakan seluruhnya menjadi saham baru dalam perseroan maka pemegang saham yang tidak melaksanakan waran seri I akan terdilusi sebesar 11,41%.

Jangka waktu pelaksanaan waran seri I untuk memesan saham perseroan adalah enam bulan atau lebih sejak tanggal penerbitan waran seri I yang berlaku mulai tanggal 11 Juli 2022 sampai dengan tanggal 10 Januari 2023.

Dalam situs resmi perusahaan dijelaskan bahwa sejak pertama kali didirikan tahun 2009, PT Semacom Integrated Tbk adalah salah satu produsen penutup logam di Indonesia. Sebelumnya, SEMA adalah produsen panel yang tidak diuji tipe. Namun sejak 2009, SEMA adalah produsen panel yang telah teruji jenisnya. Lalu sejak tahun 2020, Semacom meningkatkan bisnis sebagai penyedia listrik dan teknologi energi terbarukan.

Semacom Integrated adalah mitra teknologi Siemens sejak 2009, mitra bisnis Hyundai Electric sejak 2018, dan FiberHome Authorized FitOn Series Assembler sejak 2020. /fsp/***

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.