Jokowi Ke Eropa Ikut KTT G20, Diminta Bicara Soal UMKM dan Peran Perempuan

0

JAKARTA, Emiten – Presiden Joko Widodo melakukan perkunjungan ke beberapa di Eropa dan Emirat Arab. Dan menghadiri KTT G20 dan akan tampil sebagai pembicara dalam side event mengenai UMKM dan peran perempuan.  

“Saya meninggalkan Tanah Air pagi ini untuk berkunjung ke tiga negara: Italia, Inggris Raya, dan Persatuan Emirat Arab,” kata Presiden Jokowi Jumat (29/10).

“Di Roma, Italia, saya akan menghadiri KTT G20 pada tanggal 30-31 Oktober 2021. Saya akan tampil sebagai pembicara dalam side event mengenai UMKM dan peran perempuan. Dan di akhir KTT, Indonesia akan menerima Keketuaan G20 dari Italia untuk periode 1 Desember 2021-30 November 2022,” tutur Kepala Negara.

“Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab besar yang harus kita jalankan dengan baik,” kata Jokowi. Dari Roma, Presiden Jokowi menuju Glasgow, Skotlandia, menghadiri KTT Pimpinan Dunia COP26 pada tanggal 1-2 November 2021.

“Beberapa hari lalu PM Inggris Boris Johnson juga telah menelepon saya membahas persiapan COP26 yang akan dihadiri sekitar 120 kepala negara dan Kepala Pemerintahan. Dari Glasgow, saya akan ke Persatuan Emirat Arab tanggal 3-4 November.”

“Ini adalah kunjungan bilateral pertama saya di masa pandemi. Saya akan pergunakan kunjungan ini untuk memperkuat kerjasama terutama di bidang perdagangan dan investasi.”

“Mohon doa dari seluruh rakyat Indonesia, semoga perjalanan ini lancar dan hasilnya baik untuk  negara kita. Inshaallah, saya akan tiba di Indonesia tanggal 5 November pagi.” /fsp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *