JAKARTA, EmitenUpdate.com – PT HK Metals Utama Tbk (HKMU) bakal menambah modalnya dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Right issue direncanakan sebanyak-banyak 5,15 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Dana yang didapat akan digunakan untuk modal kerja, pembayaran sebagian utang, dan sisanya dialokasikan kepada anak usaha.

Dalam keterbukaan informasinya kepada  di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (3/9) disebutkan bahwa adapun hal sebagian atau seluruh dana hasil HMETD digunakan untuk suatu transaksi yang merupakan Transaksi Material, Transaksi Afiliasi dan/atau Transaksi Benturan Kepentingan sebagaimana dimaksud dalam peraturan yang berlaku di bidang pasar modal di Indonesia.

Disampaikan, perseroan akan memiliki sejumlah dana yang dapat digunakan untuk modal kerja yang dibutuhkan untuk pelaksanaan strategi bisnis ritel ke depan dan pembayaran sebagian utang Perseroan.

Adapun waktu pelaksanaan perseroan terlebih dahulu akan menyampaikan Pernyataan Pendaftaran dalam rangka HMETD kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera setelah RUPSLB yang digelar pada 7 Oktober 2021. Sehingga HMETD diharapkan daapat dilaksanakan dan selesai pada kuartal I-2022.

Dengan diterbitkannya saham baru tersebut, maka jumlah modal yang ditempatkan dan disetor pun bertambah dari semula 3,22 miliar menjadi 8,37 miliar saham. Mengacu pada laporan keuangan interim, HKMU mencatatkan penurunan penjualan menjadi Rp 263 miliar pada semester I-2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 444 miliar.

Untuk jumlah laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk HKMU mengantongi Rp 9,18 miliar pada semester I-2021 dari sebelumnya Rp 23,0 miliar pada semester I-2020. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.