JAKARTA, EmitenUpdate.com – Peduli pada petani dan pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) membangun ekosistem berbagai obat herbal di Indonesia. Ekosistem obat herbal pertama yang sedang dibangun oleh Kalbe adalah ekosistem Jahe Merah.

Proses pengadaan ekosistem ini Kalbe melibatkan sekitar 10 ribu petani dan berhARAP kedapan bisa menggait 25 ribu petani untuk menangani pembibitan. Dalam hal pendanaan, Kalbe bermitra dengan perbankan dan pihak pemasaran untuk menangani pemasaran ke luar negeri.

Respon pelaku industri, seperti  dikutip Investor.Id cukup baik. Adanya ekosistem ini, diharapkan membantu UMKM dan pelaku industri rumah tangga menata keekonomian menjadi lebih baik. Sebelumnya Kalbe Farma telah mengembangkan ekosistem produk biologis di Cikarang. Dalam tiga tahun terakhir, Kalbe sudah bisa memproduksi bahan baku obat dari produk biologis dan tidak perlu mengimpor dari luar negeri.

Untuk itu, Kalbe juga membentuk ekosistem obat dan vaksin Covid-19 di Indonesia. Saat ini, Kalbe juga tengah membentuk ekosistem dengan menggandeng berbagai pihak seperti universitas, rumah sakit dan lembaga lain untuk mengembangkan bahan baku vaksin Covid-19, yakni vaksin GX-19N.   /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.