JAKARTA, Update – Mengusung tema ‘Mahakarya: Manifestasi Harmoni Ciptakan Gemilang Karya’, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-8 Politeknik Keuangan Negara STAN memasuki acara puncaknya pada Sabtu, 29 Juli 2023. Bertempat di Gedung G Kampus PKN STAN, acara ini dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati beserta jajaran pejabat Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga Pemerintah lainnya.

Dilansir situs resmi Kemenkeu RI, Sri Mulyani menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-8 untuk PKN STAN. Ia menyebut sangat menghargai semangat yang ditanamkan di dalam setiap kegiatan PKN, baik dalam belajar mengajar maupun dalam melakukan berbagai tugas tridharma perguruan tinggi untuk terus menerus menghasilkan mahakarya.

“Kita tahu STAN berasal dari seluruh pelosok Indonesia, berbagai kelompok suku agama, dan ras di Indonesia untuk masuk di perguruan tinggi ini, untuk bersama sama belajar dan pada akhirnya menghasilkan sebuah karya gemilang mahakarya. Sebuah tekad dan sekaligus menjelaskan proses yang betul-betul menggambarkan semangat ke indonesiaan,” tutur Menkeu.

Menkeu juga berpesan, agar mahasiswa PKN STAN sebagai penggawa keuangan negara dapat terus berkompetisi secara sehat dan tetap bersemangat menciptakan mahakarya berikutnya, 

“Indonesia adalah titipan bagi kita semuanya. Jagalah dengan baik. Siapkan diri Anda semaksimal mungkin. Jadilah manusia yang pada akhirnya kalian akan dikenang sebagai manusia yang insan kamil. Ultimate integrity, you are the most reliable, trustable person.”

Kemudian, acara tersebut dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk kolaborasi antara Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) dan PKN STAN dengan berbagai pihak, antara lain Institute of Chartered Accountants in England and Wales, Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI, Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup, PT. Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko, PT. Pegadaian serta Badan Pengelola Keuangan Haji.

Seremonial perayaan Dies Natalis ke-8 PKN STAN dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta prosesi penyempurnaan mozaik ‘PKN STAN Untuk Indonesia’ oleh Menteri Keuangan, Inspektur Jenderal, Sekretaris Jenderal, Kepala BPPK dan Direktur PKN STAN. Mozaik ini dibuat dari daur ulang barang bekas sebagai wujud dukungan pengelolaan sampah di Indonesia serta sebagai komitmen PKN STAN untuk menjadi Eco Campus.

Rangkaian Dies Natalis 8 PKN STAN tersebut telah berlangsung selama satu bulan dengan berbagai kegiatan seperti Competition Board, seminar dan workshop, kegiatan sosial, festival dan Art Gallery, sidang senat dan orasi ilmiah, Awarding Night serta berbagai penampilan hiburan. Selain diikuti oleh pihak PKN STAN, rangkaian kegiatan tersebut juga turut diramaikan oleh Perguruan Tinggi Kedinasan lain serta sejumlah pelaku UMKM.

Memasuki tahun kedelapan PKN STAN berdiri setelah bertransformasi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada 15 Juli 2015 lalu, kini PKN STAN semakin mengukuhkan diri sebagai kampus terbaik bagi putra-putri bangsa untuk menjadi Penggawa Keuangan Negara yang unggul, beretika, modern, dan profesional, serta bertekad untuk menjadi lembaga yang dapat menjawab tantangan pembangunan di Indonesia. ***

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *