JAKARTA, Update – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara utama pada Sosialisasi Hasil-Hasil Perundingan Perdagangan Internasional dengan tema “Isu Prioritas ASEAN Chairmanship 2023” yang diselenggarakan di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Kamis (22 Juni).

Dilansir laman Kemendag RI, Indonesia telah menetapkan berbagai prioritas di bidang ekonomi pada keketuaan ASEAN 2023. Dengan dicapainya prioritas tersebut, diharapkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN akan semakin berkembang dan memudahkan para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Indonesia telah menyepakati 16 Capaian Prioritas Ekonomi (Priority Economic Deliverables/PEDs) di bawah pilar Masyarakat Ekonomi ASEAN yang terdiri dari tiga strategic thrust atau klaster.

Selain itu, Indonesia ingin ASEAN tetap memerankan peran sentral sehingga dapat menjadi motor dan dapat berkontribusi bagi stabilitas dan perdamaian kawasan, termasuk di Indo-Pasifik.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono mengatakan bahwa keketuaan ASEAN di Indonesia pada 2023 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peran strategis dalam memimpin arsitektur kawasan. Hal tersebut dapat dilihat dengan manfaat yang diberikan oleh keketuaan ASEAN di Indonesia kepada masyarakat regional dan global.

Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Malang, H. Sutiaji; Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Brawijaya, Imam Santoso; dan Sekretaris Direktorat Jenderal PPI, Ari Satria. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *