Stasiun Manggarai Tahap I Diresmikan, Presiden: Fasilitas Semakin Baik

JAKARTA, Update – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Stasiun Manggarai Tahap I di Jakarta, Senin (26/12).

Seperti dilansir laman Kemenkeu RI, Presiden mengatakan bahwa Pemerintah akan terus membangun dan mengembangkan infrastruktur perkeretaapian, terutama untuk menghubungkan antar wilayah yang padat penduduk. Hal ini mengingat kereta api telah menjadi alternatif angkutan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kereta api telah menjadi alternatif angkutan yang sangat dibutuhkan dan semakin diminati masyarakat, bisa menjangkau ke berbagai tempat lebih cepat, dengan ongkos yang sangat terjangkau,” ungkap Presiden.

Dalam hal ini, Pemerintah telah mengembangkan Stasiun Manggarai sebagai salah satu stasiun sentral di Jakarta sejak tahun 2016. Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun dengan lalu lintas kereta tersibuk di Indonesia. Stasiun ini melayani perhentian kereta rel listrik (KRL) Commuter Line tujuan Jakarta Kota-Tanah Abang-Bekasi dengan lalu lintas yang padat.

“Pengembangan stasiun ini sangat penting untuk meningkatkan frekuensi dan headway perjalanan kereta api, meningkatkan akses civilitas dan mobilitas masyarakat dari Jakarta ke kota-kota penyangga lainnya dan sebaliknya, menambah layanan kereta api bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta, serta mengintegrasikan berbagai moda transportasi umum lainnya seperti Transjakarta, ojek online, bajaj, dan lainnya,” jelas Presiden.

Adanya fasilitas yang makin baik dan terintegrasi, konektivitas akan semakin baik, serta mobilitas dan aktivitas masyarakat akan semakin lancar dan efisien, Presiden berharap masyarakat akan semakin senang menggunakan transportasi massal atau transportasi umum. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *