Menkeu Sri Mulyani Kepada Generasi Muda: Kuasai Knowledge, Perbaiki Karakter

JAKARTA, Update – Seperti halnya dunia yang dihadapkan banyak sekali cobaan dan guncangan, begitupun Indonesia mengalami hal yang sama. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Ministry of Finance Festival Tahun 2022 : Master Your Future di Jakarta, sepeprti dilansir laman Kemenkeu RI, Kamis (01/12).

“Kemarin baru saja kita menghadapi tantangan seperti pandemi Covid-19. Itu merupakan sesuatu fenomena yang luar biasa creating challenge dan bahkan setback. Banyak ekonominya mengalami kontraksi,” ungkap Menkeu.

Lebih jauh disampaikan, tantangan ini tidak hanya berasal dari pandemi. Masalah kesehatan yang berasal dari pandemi dan non pandemi, climate change change, teknologi digital, termasuk geopolitik, krisis pangan, dan krisis keuangan, yang semuanya tengah dihadapi oleh banyak negara di dunia.

Untuk itulah dalam kesempatan ini, Menkeu mengatakan bahwa generasi muda utamanya yang tergabung dalam Komunita (Komunitas #UangKita) dapat melihat permasalahan yang saat ini muncul sebagai pengalaman dan bekal untuk menghadapi tantangan ke depan. Menurutnya, tidak semua generasi akan mendapatkan informasi langsung seperti sekarang.

“Jadi kalian para anggota komunita, kalian sangat beruntung karena kalian saksi langsung melihat bagaimana negara kita merespon sebuah ujian dunia, melihat cara kerja, dan bagaimana uang kita uang negara beraksi untuk menangani masalah yang konkret. Itu beruntung, karena nggak semua generasi akan menghadapi sama,” tandas Menkeu.

Menkeu menggambarkan bahwa nantinya generasi muda akan memegang estafet mengurus Indonesia menghadapi guncangan dan cobaan ke depan. Paling tidak terdapat tiga hal yang perlu disiapkan oleh generasi muda yaitu etika, pengetahuan, dan tidak mudah menyerah.

“Kerja keras, kuasai knowledge, perbaiki karakter, terus kejar karir, kejar tujuan. Itu kalau dijumlahkan dia menjadi energi yang besar sekali untuk mencapai Indonesia tahun 2045 seperti yang kalian impikan,” pungkas Menkeu.

Menjaga Indonesia adalah tugas semua warga negara tak terkecuali generasi muda. Sebab itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkomitmen untuk terus merangkul para generasi penerus untuk menjadi generasi emas yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkontribusi bagi pembangunan Indonesia. /fsp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *