BALI, Update – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu dengan sejumlah petinggi negara-negara yang ikut dalam perhelatan G-20 di Bali Rabu (21/9). Pertemuan bilateral tersebut berlangsung di sela-sela G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, 21–23 September 2022.

Pertemuan Mendag Zulkifli Hasan itu antara lain dengan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi, Majid bin Abdullah Al-Qasabi.

Mendag Zulkifli juga melakukan pertemuan dengan Menteri Industri, Perdagangan, dan Pariwisata Spanyol María Reyes Maroto Illera. Pertemuan bilateral tersebut berlangsung di sela-sela G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, 21–23 September 2022.

Pertemuan membahas peluang kerja sama bilateral di bidang perdagangan, khususnya di tengah tantangan perekonomian global saat ini. “Terdapat potensi besar yang dapat dijajaki untuk peningkatan perdagangan dan investasi kedua negara, antara lain di sektor perikanan dan pariwisata,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Selain itu Zulkifli Hasan juga melaukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong sepakat untuk mengeksplorasi potensi-potensi kerja sama di sektor baru.

“Perdagangan kita dan Singapura terbilang  erat  dan  tanpa  masalah.  Singapura  adalah  mitra strategis  Indonesia.  Untuk  itu,  saya  dan  Menteri  Gan  Kim  Yong  sepakat  untuk  mengeksplorasi potensi-potensi kerja sama di sektor baru,”jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag  Zulkifli  Hasan  menyampaikan,  sektor-sektor  yang  diindikasikan  dapat  dieksplorasi  lebih lanjut oleh kedua Menteri antara lain perdagangan jasa danekonomi hijau (green economy).

Pada kesempatan itu, Mendag Zulkifli Hasan juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertumbuhan Perdagangan dan Ekspor Selandia Baru Damien O’Connor.

Kedua   Menteri   sepakat   mendorong peningkatan perdagangan dan kerja sama di fora-fora internasional seperti di ASEAN, Australia, New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA), Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan G20.

“Saya menyambut baik peningkatan total nilai perdagangan antara Indonesia dan Selandia Baru di tahun  2021  yang  mencapai  35,66  persen  dibandingkan  tahun  sebelumnya  namun  masih  banyak potensi  yang  perlu  dieksplorasi  guna  meningkatkan  nilai  perdagangan  bilateral kedua negara,” terang Mendag Zulkifli Hasan. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.