JAKARTA, Update – Podkab (Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet) kembali hadir di kanal YouTube dan Spotify Sekretariat Kabinet (Setkab). Pada episode keenam yang tayang perdana pada Jumat (08/08/2022), Podkabs menghadirkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang ngobrol seru bersama host Benedicta Trixie.

Dilansir situs Seskab RI Selasa (09/08/2022), tak hanya bercerita mengenai tanggung jawabnya sebagai bendahara negara, Sri Mulyani juga membagikan kisah perjalanan hidup pribadinya hingga nilai-nilai yang ia anut.

“Pemerintahan itu bukanlah tembok. Presiden, menteri, walaupun mereka punya tugas negara, pakai nama negara semua karena mereka adalah pejabat negara, mereka itu tetap manusia biasa. Dan manusia biasa itu artinya ya mereka punya sisi humanis,” ujar Sri Mulyani.

Menkeu mengungkapkan bahwa dirinya berasal dari keluarga besar dengan sepuluh orang bersaudara. Meskipun keluarga besar, Sri Mulyani menyampaikan bahwa mereka sering menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama.

“Orang tua saya memang menekankan anak-anaknya untuk selalu rukun di antara kita, which is nice, karena kita dalam hidup sekarang ini ternyata punya banyak saudara dan teman tuh menyenangkan apalagi yang rukun,” ujarnya.

Sri Mulyani menambahkan, dirinya dibesarkan oleh orang tua yang berprofesi sebagai pendidik  Perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara dari pasangan Prof. Dr. Satmoko dan Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Kedua orang tua inilah yang menanamkan nilai-nilai karakter dan etika kepada Sri Mulyani.

Menkeu menyampaikan, ayahnya memiliki musikalitas yang tinggi. Untuk mengajarkan dan menanamkan nilai karakter dan etika kepada anak-anaknya, sang ayah menciptakan lagu “Nasihat Eyang”. Lagu dan nilai yang terkandung di dalamnya itu diwariskan juga hingga ke cucu dan cicitnya.

“Dari kecil kita sudah bicara tentang bakti orang tua, nusa, bangsa, kecintaan terhadap negeri, itu sesuatu yang sangat penting. Tidak diindoktrinasi tetapi dalam bentuk lagu dan kemudian di dalam kegiatan sehari-hari,” kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Menkeu menyampaikan bahwa pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tuanya sangat mempengaruhi caranya dalam mendidik anak. Bagi Sri Mulyani anak adalah titipan Tuhan dan bukan ‘project’ orang tua. Tugas orang tua adalah menyayangi, membesarkan, hingga mendidik mereka.

“Mendidik anak paling penting pada awal waktu masa kecil, enggak boleh kita merusak rasa percaya diri anak. The most important adalah menciptakan suasana aman, sehingga anak itu bisa menjadi dirinya sendiri,” ujarnya.

Sri Mulyani juga menekankan pentingnya menanamkan rasa empati dalam diri anak-anak.

“Enggak mencuri, jelas itu penting. Kejujuran, respect terhadap other people’s feelings. itu saya rasa penting,” imbuhnya.

Sri Mulyani memiliki tiga orang anak dari hasil pernikahannya dengan Tony Sumartono. Menkeu mengungkapkan bahwa dirinya sangat menikmati menghabiskan waktu senggang bersama cucunya.

“Kalau weekend pas enggak ada kegiatan, (saya) main sama cucu. Itu my favorite things, main sama cucu is always rewarding. Kadang-kadang saya minta mereka sleepovers, jadi kayak pajama parties sama mereka,” ujarnya.

Menkeu menambahkan, kegiatan yang juga kerap dilakukannya saat waktu senggang adalah membaca buku, mendengarkan musik, hingga menonton film.

“Aku kalau mau bobo, baca buku supaya bisa ngantuk. Kadang-kadang dengar musik untuk change the mindset-nya menjelang supaya menjadi lebih rileks dan bisa tidur,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Podkabs adalah podcast atau siniar resmi Setkab yang berisi banyak obrolan dan diskusi tentang berbagai topik, mulai dari kebijakan pemerintah atau pun hot issue yang berkembang di masyarakat saat ini. Diskusi dengan berbagai narasumber tersebut dikemas dengan penyampaian yang ringan dan juga santai. ***

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.