JAKARTA, Update – Baru-baru ini PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) mendapatkan penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) atas upaya aktif dari ANJ beserta anak perusahaannya dalam penanggulangan COVID-19.

Pembuatan Eco-Enzyme dengan warga di Belitung.

Penghargaan dari PMI diserahkan secara langsung oleh Sumarsono, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Pengurus Pusat PMI kepada Yoomeidinar, Direktur Human Resources and Change Management, ANJ Group atas donasi berupa cairan disinfektan ramah lingkungan “eco-enzyme” untuk Penanganan COVID-19 melalui Palang Merah Indonesia.

ANJ berkomitmen penuh berperan aktif dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dilakukan dengan pembuatan eco-enzyme secara skala besar. Karyawan di lokasi operasi didorong untuk membuat eco-enzyme, sehingga mereka bisa berkontribusi langsung untuk mengurangi sampah organik di dapur mereka masing-masing. 

Penggunaan Eco-Enzyme di perkebunan masyarakat di sekitar perusahaan.

Eco-enzyme merupakan hasil fermentasi dari limbah/kulit buah-buahan serta sayur yang menghasilkan produk multiguna yang dapat mengurangi dan menggantikan pemakaian bahan kimia di rumah tangga yang pada akhirnya juga mengurangi kemasan plastik dari produk kimia yang selama ini banyak digunakan. Pada masa pandemik COVID-19 seperti saat ini, eco-enzyme sangat dirasakan manfaatnya sebagai cairan disinfektan yang alami dan ramah lingkungan, serta dapat menggantikan disinfektan yang menggunakan bahan kimia. 

“Sejalan dengan visi perusahaan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan lingkungan, kami mempromosikan  pembuatan eco-enzyme dengan  memberikan pembekalan cara pembuatan eco-enzyme kepada karyawan dan masyarakat sekitarnya serta memberikan sample eco-enzyme untuk dapat mereka pergunakan.  Pembuatannya mudah, bahan-bahannya pun mudah didapatkan dan mereka pun merasakan banyak manfaatnya, sehingga usaha kita mengajak mereka untuk membuat juga tidak banyak hambatan”, ujar Yoomeidinar, Direktur Human Resources and Change Management, ANJ Group. 

Eco-enzyme memiliki banyak manfaat bagi rumah tangga diantaranya sebagai disinfektan, pembersih kamar mandi dan lantai, deterjen, pupuk alami untuk tanaman, pembersih kompor, pembersih pestisida dan kuman pada buah serta sayur, dan juga bermanfaat untuk menghilangkan asap serta aroma tidak sedap. 

Melalui empat anak perusahaannya, ANJ telah mendonasikan 2.675 liter eco-enzyme kepada PMI dengan rincian sebagai berikut :

  • PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) mendonasikan 1.000 liter kepada PMI di Belitung
  • PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA) mendonasikan 675 liter kepada PMI di Tapanuli Selatan
  • PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) mendonasikan 675 liter kepada PMI di Tapanuli Selatan
  • PT Kayung Agro Lestari (KAL) mendonasikan 1.000 liter kepada PMI di Ketapang

Dengan bantuan yang diberikan ini, Pihak PMI merasa sangat terbantu, sehingga dapat mendorong mengoptimalkan pencegahan COVID-19. Eco-enzyme yang telah diterima oleh PMI digunakan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan baik di fasilitas umum maupun di perumahan penduduk sesuai dengan kebutuhan dan permintaan. Pihak PMI mengatakan bahwa eco-enzyme telah teruji di laboratorium dan terbukti secara efektif berfungsi sebagai cairan disinfektan.

Selain itu, eco-enzyme dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penanggulangan bencana dan kesehatan lainnya.

Pihak PMI juga mengatakan bahwa eco-enzyme juga dapat meminimalisir kerusakan pada peralatan penunjang aktivitas disinfektan PMI, dimana sebelum menggunakan eco-enzyme, zat kimia seperti klorin dapat merusak pakaian para petugas PMI dan dapat menyebabkan korosi pada kendaraan.

Penggunaan eco-enzyme dilingkungan perusahaan telah dilakukan diseluruh Grup ANJ, diantaranya digunakan sebagai disinfektan COVID-19, pupuk organik dan pestisida pengendali hama untuk tanaman di perumahan karyawan dan menjernihkan kolam limbah.

Eco-enzyme juga digunakan pada proyek pengembangan petani, yaitu Program Tani Mandiri di Desa Tobing Jae, Kecamatan Huristak, Sumatra Utara, dimana eco-enzyme digunakan sebagai booster untuk pertumbuhan padi yang diberikan melalui saluran irigasi.

Sampai dengan akhir Maret 2022, Grup ANJ telah menghasilkan eco-enzymesebanyak dari 20.350 liter. Selain mendonasikan eco-enzyme ke PMI, Grup ANJ juga telah memberikan kepada masyarakat sekitar lingkungan perusahaan, Pihak Kepolisian dan juga Puskesmas setempat.

Tim Grup ANJ juga memberikan pembekalan kepada masyarakat mengenai cara pembuatan eco-enzyme yang hasilnya dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari dalam rumah tangga. Selain kepada masyarakat, tim Grup ANJ juga memberikan edukasi kepada siswa-siswa sekolah Eka Pendawa Sakti yang berlokasi di Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.