JAKARTA-Update, Chelsea juara FIFA antarklub dunia setelah mengalahkan juara Copa Libertadores asal Brasil Palmeiras dengan 2-1 dalam partai final Piala Dunia Antarklub yang dimainkan di Stadion Mohammed Bin Zayed Stadium, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Minggu (13/2) dini hari WIB. Kai Haverzt menjadi pahlawan karena tendangan pinaltinya di menit 117 berhasil mengubah skor jadi 2-1.

Ini adalah gelar Piala Dunia Antarklub pertama untuk Chelsea. The Blues sebelumnya pernah juga tampil di final pada 2012, tapi kalah dari Corinthians.

Jual beli serangan

Babak pertama, dua klub jawara Eropa dan Amerika saling serang. Jual beli serangan tak membuahkan hasil gol bagi kedua klub. Di babak kedua intensitas semakin kencang. Chelsea berhasil membuka gol dari sundulan Romelu Lukaku di menit 55. Kedudukan 1-0 bagi Chelsea tak bertahan lama. Menit ke 64, Palmeiras mendapat hadiah pinalti karena Tiago Silva handsball di area kotak pinalti. Raphael Veiga berhasil menaklukan Mendy dan mengubah skor jadi 1-1.

Untuk meningkatkan daya serang, Tuchel memasukan sejumlah pemain, antara lain Christian Pulisic untuk menggantikan Mason Mount juga Saul Niguez dan Timor Werner menggantikan Lukaku dan Hudson-Odio untuk membantu daya gedor. Namun tak membuahkan hasil dan skor seimbang bertahan hingga babak kedua usai.

Kemudian laga dilanjutkan ke babak tambahan. Chelsea memasukkan Hakim Ziyech di awal babak tambahan menggantikan Matteo Kovacic. Hasilnya serangan yang terus dibangun Chelsea membuahkan hasil. The Blues dihadiahi penalti pada menit ke-116 setelah pemain Palmeiras melakukan handsball saat memblok sepakan Azpilicueta. Winger Kai Havertz yang membawa Chelsea unggul 2-1.

Kerasnya permainan membuat Palmeiras bermain dengan 10 pemain menjelang babak tambahan berakhir. Luan Garcia diusir wasit akibat melakukan tekel kepada Kai Havertz.

Hingga detik terakhir peluit berbunyi, skor 2-1 untuk Chelsea bertahan dan klub asal Kota London itu dinobatkan sebagai juara baru Piala Dunia Antarklub.

Pemain Terbaik

Seusai pertandingan itu, FIFA menobatkan Thiago Silva sebagai Man of the Match (MoM) sekaligus pemain terbaik turnamen. Ini merupaan prestasi pribadi bagi silva sendiri yang di usianya yang cukup senior 37 tahun berhasil meraih prestasi yang belum pernah didapat di klub sebelumnya, yaitu AC Milan dan PSG. Silva mengatakan sangat gembira dengan capaian yang diraih.

“Aku telah menunggu selama 37 tahun untuk merasakan momen ini. Aku sudah membuat banyak pengorbanan besar untuk mencapai ini. Sangat-sangat sulit untuk menjadi seorang juara dunia.”

Sementara itu Manajer Thomas Tuchel yang baru bergabung dengan Chelsea sehari sebelum partai final karena isoman covid yang dideritanya, mengatakan bahwa piala ini untuk Roman Abramovich pemilik klub. “Ini untuk dirinya, tidak ada keraguan terhadap klub ini dan ini pantas untuknya,” katanya seperti dikutip BBC. 

Susunan Pemain:

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Thiago Silva, Andreas Christensen (Malang Sarr 91′), Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta, Callum Hudson-Odoi (Timo Werner 76′), Mateo Kovacic (Hakim Ziyech 91′), N’Golo Kante; Kai Havertz, Mason Mount (Christian Pulisic 30′), Romelu Lukaku (Saul Niguez 76′).

Palmeiras (4-2-3-1): Weverton; Marcos Rocha (Dayverson 118′), Luan Garcia, Gustavo Gomez, Joaquin Piquerez, Gustavo Scarpa; Dudu (Rafael Navarro 103′), Ze Rafael (Jailson 60′), Danilo, Rony (Wesley 77′); Raphael Veiga (Eduard Atuesta 78′). /ars

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.