JAKARTA, Arcus GPIB – Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) triwulan IV 2021 dalam kondisi normal seiring penurunan kasus Covid-19 dalam negeri yang mendorong peningkatan aktivitas ekonomi. Demikian siaran pers Bank Indonesia Rabu (02/02/2022).

Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyepakati komitmen bersama untuk terus memperkuat sinergi guna menjaga SSK dan momentum pemulihan ekonomi dalam Rapat Berkala KSSK I tahun 2022 yang diselenggarakan pada Jumat, 28 Januari 2022, melalui konferensi video.

Hasil asesmen dalam rapat KSSK selengkapnya dapat dilihat pada Siaran Pers Bersama KSSK. 

Sebelumnya, stabilitas sistem keuangan pada triwulan II tahun 2021 berada dalam kondisi normal di tengah meningkatnya kasus varian delta Covid-19. 

Laman Kemenkeu RI menyebutkan, adanya momentum penguatan kinerja ekonomi global, adanya kebijakan countercyclical pemerintah, serta kebijakan moneter dan sektor keuangan yang tepat telah mampu mendorong arah pemulihan ekonomi nasional.

“Faktornya adalah memang ada faktor ekonomi global (membaik) yang menyumbang, kebijakan countercyclical dari pemerintah yaitu dalam bentuk fiskal dan non fiskal, serta kebijakan moneter dan sektor keuangan dari Bank Indonesia dan OJK yang akomodatif telah mendorong berlanjutnya pemulihan ekonomi nasional kita,” jelas Menkeu. /ina

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.