EmitenUpdate.com– Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyambut baik kegiatan Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan (KIKK) Tahun 2021. Wamenkeu berharap kompetisi ini mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Tujuan utama dari inovasi kita adalah membuat birokrasi yang lebih baik, memberikan pelayanan masyarakat yang lebih baik, dan merumuskan kebijakan yang lebih baik,” ujar Wamenkeu secara virtual dalam Launching KIKK Tahun 2021, dalam situs Kemenkeu RI, Selasa (28/09).

Wamenkeu menjelaskan kompetisi inovasi merupakan alat untuk memperkuat cara kerja birokrasi, pelayanan, dan kebijakan bagi Indonesia yang lebih baik.

“Tujuan kita adalah membuat birokrasi yang agile, yang lebih baik, yang kemudian harus fleksibel birokrasinya, terutama ketika pandemi. Pelayanan dan kebijakan juga harus lebih baik,” kata Wamenkeu.

Lebih lanjut, Wamenkeu juga mendorong agar inovasi dilakukan melalui sinergi lintas unit, misalnya sinergi antara unit-unit di bidang penerimaan negara menghasilkan suatu produk inovasi. Sinergi juga bisa dilakukan di antara unit eselon satu di bidang pembiayaan dengan unit eselon satu di bidang penerimaan dan belanja negara.

“Kita bisa mendorong ide-ide inovasi yang kemudian menuju sinergi. Ini adalah salah satu nilai kita di Kementerian Keuangan. Selain integritas, profesionalisme, pelayanan, kesempurnaan, sinergi adalah sesuatu yang harus kita dorong terus,” ujar Wamenkeu.

Sesuai dengan tema KIKK Tahun 2021 yakni “Inovasi Berkelanjutan Menuju Ruang Kerja Masa Depan”, Wamenkeu berharap kompetisi ini dapat menciptakan inovasi yang membantu pengembangan ruang kerja virtual untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

“Cari lagi penguatan sehingga kita bisa membuat ruang kerja virtual kita ini tidak kehilangan makna, malah menciptakan efisiensi, menciptakan birokrasi yang agile, menciptakan kebijakan yang lebih baik, mendorong sinergi antar berbagai unit,” kata Wamenkeu.

Sebagai informasi, KIKK dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya sejak tahun 2018 dalam rangka mendukung penguatan budaya yang inovatif. Sebagaimana salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu pelayanan, Kementerian Keuangan berinisiatif untuk menjawab tantangan agar mampu memenuhi harapan masyarakat sebagai pengguna jasa untuk memberikan pelayanan publik yang memuaskan.

Dengan diselenggarakannya Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan, diharapkan dapat mendorong kreativitas serta terobosan yang tentunya terus meningkatkan kualitas pelayanan, baik yang bersifat eksternal maupun internal serta bermanfaat bagi Kementerian Keuangan. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.