JAKARTA, EmitenUpdate.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan arahan kepada pimpinan dan jajaran Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan (Setjen Kemenkeu) dalam Puncak Perayaan Hari Jadi Setjen ke-76 yang diselenggarakan secara daring, Kamis (02/09). Sebagai organisasi pendukung di Kemenkeu, Setjen diharapkan menjadi motor penggerak perubahan sehingga fungsi-fungsi yang ada di Kemenkeu mencapai kinerja maksimal.

“Karena organisasi Kemenkeu itu begitu sangat besar scope tanggung jawabnya, begitu luas pekerjaannya, begitu luas area pekerjaan dan responsibility atau tanggung jawab, sehingga dia membutuhkan organisasi tadi yang tetap bisa rapi, konsisten, dan koheren. Namun di sisi lain kita juga harus terus agile, lincah, kita juga bisa dan harus terus dinamis, kita juga harus terus transformatif,” ungkap Menkeu dalam siaran pers, Jumat (3/9/2021).

Mengusung tema “Bergerak Bersama, Bahagia Bersama, Menuju Kemenkeu Satu yang Terpercaya”, Setjen diminta untuk mengantisipasi perubahan dalam mengelola SDM, bisnis proses, keuangan, teknologi, insentif, hingga punishment dan reward yang perlu diadaptasi oleh Kemenkeu.

“Semuanya itu harus dipikirkan dalam konteks itu, tapi tidak terlepas dari Kementerian Keuangan sebagai Bendahara Negara dan Pengelola Keuangan Negara,” tandas Menkeu.

Untuk itu, Menkeu berharap pegawai Setjen harus paham substansi dan bekerja dengan dinamis. Saat eselon I Kemenkeu yang lain memikirkan tugas dan fungsinya dalam pengelolaan keuangan dan kekayaan negara, Setjen dinamis membangun organisasi.

“Karena anda adalah pencipta suasana, pencipta suatu dinamika organisasi, anda juga menjadi katalis, anda akan membuat semua unit eselon satu merasa nyaman, dia merasa ini adalah tempat saya bekerja,” pungkas Menkeu. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.