Kanada, EmitenUpdate.com – Memberikan pelayanan publik yang prima, KJRI Toronto menerapkan sistem tripe helix dalam pelayanan konsuler dan pelindungan bagi para WNI di wilayah kerja. Pendekatan ini dilakukan dengan kemitraan KJRI Toronto dengan pemerintah, sektor swasta dan masyarakat.

Belum lama ini, KJRI Toronto menyelenggarakan “Sosialisasi Layanan Kekonsuleran untuk Calon Mahasiswa Indonesia di Toronto dan Sekitarnya” (09/08/2021). Konsul Jenderal RI Toronto menyampaikan pentingnya Lapor Diri pada Portal Peduli WNI bagi pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di luar negeri, sebagaimana disampaikan dalam situs Kemenlu RI, Jumat, (20/8/2021).

Disebutkan, selain untuk mempermudah proses pelayanan kekonsuleran, Lapor Diri pada Portal Peduli WNI juga akan sangat membantu KJRI Toronto dalam memberikan pelayanan perlindungan kepada para mahasiswa Indonesia. Data Lapor Diri juga akan menjadi basis data keimigrasian dan daftar pemilih pada saat Pemilu.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh agen pendidikan Universal Jakarta secara online dan diikuti oleh sekitar 130 peserta yang terdiri dari orang tua dan calon pelajar yang akan studi di Kanada. Agen pendidikan Universal Jakarta telah memfasilitasi sekitar 1.000 mahasiswa Indonesia untuk belajar ke Kanada sejak tahun 2001, di mana sekitar 80% diantaranya ke wilayah Ontario dan Manitoba. Pada tahun ini, Universal Jakarta memfasilitasi sekitar 70 pelajar dari Indonesia dari jenjang pendidikan universitas, college, dan high school dan sekitar 80% di antaranya akan belajar di Provinsi Ontario (mayoritas di kota Toronto, Hamilton, dan Ottawa). 

Pendekatan triple helix yang melibatkan kemitraan antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sangat efektif dalam meningkatkan pelayanan kekonsuleran dan pelindungan KJRI Toronto. Pendekatan ini juga mendorong peningkatan jumlah WNI yang melakukan Lapor Diri di Portal Peduli WNI. Hal ini ditunjukkan dengan data capaian target IKU Persentase WNI yang melakukan Lapor Diri di Portal Peduli WNI KJRI Toronto sampai dengan Juli 2021 yang mencapai 100% dari target untuk periode yang sama.

KJRI Toronto akan terus melanjutkan pendekatan triple helix ini sebagai salah satu wujud komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang profesional, prima, dan akuntabel serta mendukung upaya KJRI Toronto dalam Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.