JAKARTA – Nazhir Wakaf Yayasan Baituzzakah Pertamina meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan selama 3 tahun yaitu Tahun 2018, 2019, dan 2020. Hal tersebut dikatakan oleh Budhi Himawan selalu Ketua Nazhir Wakaf Yayasan Bazma dalam rilis yang diterima Energia pada 28 Juli 2021.

“Alhamdulillah, laporan keuangan Nazhir Wakaf Yayasan Baituzzakah Pertamina (Bazma) tahun 2020 kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sejak mendapatkan Izin Operasional Nazhir Badan Hukum dari Badan Wakaf Indonesia tahun 2018, secara berturut-turut Laporan Keuangan Tahun 2018 dan 2019 juga mendapat predikat yang sama,” imbuhnya.

Predikat opini WTP atau yang saat ini disebut Wajar Dalam Semua Hal Yang Material, adalah opini tertinggi dalam audit laporan keuangan yang menyatakan bahwa laporan keuangan menyajikan secara wajar, dalam semua aspek, sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia.

Berdasarkan opini dari Kantor Akuntan Publik (KAP) AR Utomo, Laporan Posisi Keuangan, Aktivitas dan Arus Kas Nazhir Wakaf Bazma telah sesuai dengan ketentuan Pernyataan Standar Akuntansi Tentang Wakaf.

Sepanjang tahun 2018 sampai 2020, Nazhir Wakaf Bazma telah mengelola aset wakaf dari para donatur (wakif) untuk program-program sosial yang bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Khususnya di bidang pendidikan, saat ini Yayasan Bazma memiliki Program Pembangunan Islamic Boarding School, SMK TI Bazma yang diprioritaskan bagi siswa tidak mampu. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan pendanaan yang berasal dari wakaf. 

Audit atas laporan keuangan ini diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban Pengurus Nazhir Wakaf Bazma kepada seluruh stakeholder, khususnya donatur (para wakif) yang telah menyerahkan sebagian hartanya khususnya kepada Nazhir Wakaf Bazma – Ujar Budhi Himawan selalu Ketua Nazhir Wakaf Bazma.

Dengan adanya transparansi pertanggungjawaban tersebut, diharapkan dapat memberi keyakinan bagi donatur dan lebih meningkatkan kepercayaan kepada Bazma. Bahwa dana yang diamanahkan, khususnya dalam bentuk wakaf, senantiasa dikelola dengan baik.

Lebih lanjut, Budhi berharap, “Semoga dengan diraihnya opini WTP kali ini, akan lebih memberikan semangat bagi Pengurus Nazhir Wakaf untuk terus meningkatkan pengelolaan aset wakaf menjadi lebih baik lagi, sehingga dapat terus menebar kebermanfaatan seluas-luasnya untuk masyarakat yang membutuhkan.”

Ucapan terima kasih dan salam hormat kami haturkan kepada para donatur (wakif) dan semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mewujudkan program-program kebermanfaatan Nazhir Wakaf Bazma.

“Kami senantiasa mohon doa dan dukungannya, agar lebih amanah dan profesional dalam mengelola aset wakaf sehingga dapat lebih memberikan manfaat bagi masyarakat banyak,” tutup Budhi.  /fsp

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.