Walau banyak di rumah tetapi tetap harus olahraga, ya!

Di masa pandemik, banyak orang yang lebih banyak tinggal di rumah karena kebijakan bekerja dari rumah maupun belajar dari rumah demi memutus rantai penularan COVID-19. Meski demikian, kita tetap harus menjaga kesehatan dan kebugaran, salah satunya dengan olahraga.

Seperti diupdate IDN Times, kalau tubuh kita sehat dan bugar, tentu daya tahan tubuh tetap terjaga, suasana hati stabil atau meningkat, serta terhindar dari stres berlebihan. Dilansir Mayo Clinic, kita cuma butuh waktu 15 menit untuk berolahraga setiap hari guna mengontrol berat badan serta meningkatkan kesehatan jantung, mood, dan energi.

Olahraga bisa dilakukan di rumah dan bahkan tak butuh alat-alat seperti yang ada di gym. Buat kamu yang pemula dan mulai ingin rutin berolahraga, kamu bisa memulainya dengan gerakan-gerakan di bawah ini. Pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu untuk mengurangi risiko cedera. Lalu, lakukan tiap gerakan sebanyak 2 set dengan 10 hingga 15 repetisi, lalu istirahat selama 1 menit sebelum beralih ke gerakan selanjutnya. 

1. Plank

ilustrasi squat (pexels.com/@shkrabaanthony)

Gerakan ini memang tidak membutuhkan banyak gerakan dan terkesan simpel. Namun, jika dilakukan dalam waktu lama, plank bisa menguras tenaga karena kita menahan tubuh kita sendiri. Ini sama saja dengan melatih seluruh otot tubuh kita.

Begini cara melakukannya:

  • Posisikan tubuh tengkurap
  • Letakkan tangan sejajar dengan bahu
  • Angkat tubuh dengan kedua tangan dan ujung kaki sebagai tumpuan
  • Tahan beberapa detik, ulangi dengan waktu yang lebih panjang

2. Squat

ilustrasi squat (pexels.com/@shkrabaanthony)

Gerakan squat bertujuan untuk melatih otot kaki dan bagian tubuh dari pinggang ke bawah. Cara melakukannya seperti ini:

  • Berdiri dengan kaki sejajar selebar bahu
  • Lengan diangkat ke depan
  • Tekuk lutut secara perlahan lalu gunakan pinggul dan kaki sebagai tumpuan
  • Lalu kembali ke posisi semula

By emiten

Leave a Reply

Your email address will not be published.