“SHOWCASCENE 2024” di Kemenparekraf: Untuk Peningkatan Kualitas Skenario

0

JAKARTA, Update – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menghadirkan “SHOWCASCENE 2024” yang merupakan ajang perayaan dan penghargaan bagi talenta penulis skenario baru yang siap mewarnai industri layar Indonesia.

Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa saat memberikan penghargaan bagi talenta penulis skenario baru yang siap mewarnai industri layar Indonesia dalam acara “SHOWCASCENE 2024” yang diselenggarakan di Mövenpick Hotel Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa dalam acara “SHOWCASCENE 2024” yang diselenggarakan di Mövenpick Hotel Jakarta, Selasa (22/10/2024), menjelaskan “SHOWCASCENE 2024” merupakan puncak dari rangkaian panjang Masterclass Pengembangan Skenario Original Series (SCENE) yang terselenggara sejak Juli hingga Oktober 2024. 

“SHOWCASCENE 2024” sendiri terbagi dalam tiga rangkaian kegiatan. Pertama yakni Show-off yang bertujuan mengekspos output produk (naskah skenario) melalui sesi presentasi tertutup kepada 3 platform over-the-top (OTT) panelis yaitu Vidio, Vision+, MAXStream. Kedua Showcase, yakni bertujuan mengekspos output produk (naskah skenario) dan talenta (penulis) melalui media panel di foyer kepada para tamu undangan yang terdiri dari OTT, production house, asosiasi, produser, writers room, dan stakeholders lain di industri layar tanah air.

Terakhir adalah Showtime sebagai penutup rangkaian SHOWCASCENE melalui networking dinner dan rocket pitch dimana para kreator dapat menunjukkan karya dan talentanya.

“Acara ini adalah bagian dari upaya Kemenparekraf untuk mendorong peningkatan kualitas skenario di Indonesia serta menjadi platform untuk mempertemukan talenta-talenta berbakat dengan pelaku industri, termasuk platform OTT nasional dan internasional,” kata Iman.

Dalam penyelenggaraannya, SCENE telah berhasil mengumpulkan lebih dari 500 pendaftar dari seluruh Indonesia di tahap roadshow, dengan 336 submisi pitch deck yang kemudian diseleksi menjadi 100 ide cerita terbaik.

Melalui serangkaian inkubasi online dan kurasi ketat, akhirnya tersaring menjadi 50 naskah dan kini hanya 10 naskah terbaik dari 20 peserta yang dipresentasikan pada SHOWCASCENE 2024.

Karya-karya yang dipresentasikan meliputi “Dunia NYI”, “Pulang Kampung”, “Bengkel Gigi Ambo Tahang”, “Joko Business Masterclass”, “CNGKR”, “Harta Karun Sindai”, “Dua Ratu”, “Menolak Tua”, “Bangkit”, dan “Tolak Rizki”.

Iman Santosa berharap rangkaian program SCENE 2024 tidak hanya menjadi titik awal karier bagi para penulis skenario baru, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam memajukan ekosistem layar dan konten lokal tanah air.

Tentunya dengan dukungan dari platform OTT nasional dan internasional, SHOWCASCENE membuka peluang besar bagi cerita-cerita asli Indonesia untuk diangkat ke layar lebar maupun platform streaming global.

“Kami berharap, melalui kolaborasi beragam pihak yang terlibat, acara ini memberikan dampak signifikan pada pengembangan ekosistem industri layar di Indonesia,” ungkap Iman. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *