Peduli Keamanan, Kapolsek Tajur Halang Iptu Tamar Sapa Warga Gereja

0

Iptu (Pol) Tamar Bekti WJ. SH, saat wawancara dengan Frans S. Pong Redaktur Arcus GPIB.

BOGOR, Update – Menyapa warga masyarakat menjadi gaya hidupnya. Itu dapat dilihat dari kesehariannya sebagai seorang Bhayangkara Negara untuk memberikan rasa aman kepada warga Masyarakat.

Ia adalah Inspektur Satu (Pol) Tamar Bekti WJ. SH, Kapolsek Tajur Halang Bogor. Bukti kepeduliannya terhadap keamanan wilayahnya, ia tidak tinggal diam atau hanya melakukan monitoring.

Mengutip dari laman ArcusGPIB.com, belum lama berselang ia bertandang ke acara Bakti Sosial Bajem PTH GPIB Zebaoth Bogor di Perumahan Pura Tajur Halang. Di Lokasi baksos, Perwira Polisi ini melakukan komunikasi yang baik dengan Panitia Baksos termasuk menyapa warga yang melakukan pengobatan.

Tidak hanya sampai disitu, pada 18 Septeber 2024 warga Jemaat GKJ Nehemia Depok melakukan perkunjungan ke jemaat bajem PTH GPIB Zebaoth Bogor yang diterima Pendeta Jemaat Bajem PTH, Pendeta Estethiana Saselah-Rap Rap.

Tidak sendiri, Kapolsek Tamar ditemani Kanit Binmas Ipda (Pol) Yohanes Adi dan Aiptu Widhi. Di Gedung gereja Pura Tajur Halang Iptu Tamar melakukan tanya jawab kepada warga jemaat Bajem PTH berkaitan dengan konndisi keamanan.

Iptu Tamar memang punya kepedulian yang dalam terhadap keamanan. Semua dilakukan dengan baik dengan cara pengumpulan data melalui tanya jawab dengan warga khususnya warga gereja.

Kehadiran Kapolsek Tamar sangat memberikan surprise bagi warga jemaat Bajem PTH. Penyampaian pesan-pesan kepada warga menyikapi kondisi keamanan di wilayahnya disampaikan dalam suasana akrab. Bahkan terkadang diselingi tawa.

Didampingi Pendeta Jemaat Bajem PTH, Pendeta Estethiana Saselah-Rap Rap, Kapolsek Tamar mengurai arti penting menjaga keamanan yang menurutnya bukan hanya tugas Polisi. Ia juga mengurai bagaimana bahaya narkotika yang beberapa kali terjadi di Perumahan Pura.

”Keamanan itu bukan hanya kerja Polisi, tapi kerjaan kita bersama dalam hal mengamankan wilayah. Kalau bapak ibu melihat anak-anak mulai gerombolan, infokan ke kita,” tutur Iptu Tamar.

Kepeduliannya terhadap sistem keamanan sangat detil. Ketika ditanya soal perlunya pengadaan Pospol di Perumahan Pura, Tamar tuntas memberikan jawaban. Menurutnya, Pospol akan dibangun di Perumahan Pura.

Dalam hal menurunkan tingkat kejahatan kaitannya tindakan preventif, Iptu Tamar menyebutkan bahwa pihaknya gencar melakukan patroli.

”Kami mengadakan patroli, dipimpin Pawas (Perwira Pengawas) dibantu Pokdar Masyarakat melakukan Patroli di daerah-daerah rawan dan melakukan imbauan kepada masyarakat yang lewat untuk berhati-hati,” tandas Tamar.

Sosok Kapolsek yang berpengalaman di bidang Reserse ini mengatakan, kalau ada pelaku kejahatan, pihaknya akan mengamankan dan diproses dan dibuatkan berita acara dan kalau sudah cukup bukti secara hukum terkait penyelidikannya diajukan ke Pengadilan.

”Pada intinya proses hukum tidak lama,” ungkap Tamar menjawab pertanyaan penerapan ”Presisi” singkatan dari Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi berkeadilan yang diterapkan Polri. /ans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *